Istilah-Istilah Komputer Dan Internet

Admin:
Sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut. Diaberhak untuk menerima dan menolak user-user yang ingin bergabung dengan jaringan dan program tersebut.

Altavista:
Adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari informasi yang diperlukan. http://www.altavista.com

Animated GIF:
Adalah jenis format file gambar GIF yang terdiri dari beberapa gambar yang disusun sehingga dapat terbentuk animasi.

Attachment:
Adalah fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail, yang dapat digunakan untuk mengirimkan file,atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

AVI:
Adalah jenis format file video yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.

B to B e-commerce:
Business to Business E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak pemegang business lain baik instansi/lembaga atau perusahaan pula.

B to C e-commerce :
Business to Costumers E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak user atau konsumen pemakai jasa internet.

Banned:
Istilah khusus yang digunakan dalam ber-chatting yang dapat dilakukan oleh seorang admin untuk âE~mem-blacklistâE™ seorang user yang telah benar-benar melanggar âE~nettiquetteâE™ dan tidak dapat diberikan âE~ampunâE™ untuk dapat ber-chatting kembali.

Banner:
Adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.

Cache Folder :
atau yang disebut Temporay Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah di download dari internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya di tampilkan ke user. Hal ini untukmempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.

CC : Carbon Copyadalah alamat yang yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama (TO).

CGI/Perl : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.

Chat : adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).

Chatting: istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.

Client : adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.

Cookies: adalah sebuah file kecil yang tersimpan pada cache folder dari sebuah program webbrowser, yang digunakan untuk penandaan data atau profile dari user, jika user tersebut memasuki kembali website yang di kunjungi. Dan juga tidak memerlukan player untuk menjalankannya.

Dial-Up: adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.

Dial-Up Networking : adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.

Domain name: adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.

Download: adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.

Dreamweaver: adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc.

E-cards: adalah kartu elektronik yang dapat digunakan oleh user internet untuk mengirimkan kartu ucapan berupa ucapan ulang tahun, valentine, natal, lebaran, dan sebagainya kepada user lain.

E-Commerce: Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.

E-mail: atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.

Excite: adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.excite.com

Flash: adalah jenis program animasi vektor yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada webpages, sehinggadapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan Plugin tertentu.

Forward e-mail: meneruskan e-mail dari seorang user kepada user lainnya.

Freemail: program interaksi surat elektronik yang diterapkan pada sebuah situs web dengan kelebihan user dapat menggunakannya tanpa biaya operasi (alias gratis).

FrontPage: adalah program pembuat halaman situs web (webpage) yang dikembangkan oleh pe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s