Tambah Dan Edit Widget WordPress.com Menggunakan Ponsel

Bagi sahabat blogger sejati yang mengerti komputer, ngeblog menggunakan Laptop atau PC sendiri, dan bisa juga ke warnet terdekat, tentu tidak ada masalah dengan cara mengaktifkan dan mengedit Widget WordPress.com saat ini. Dan bagi blogger yang hanya menggunakan ponsel untuk ngeblog, ditambah lagi tidak bisa komputer (seperti saya), sepertinya harus gigit jari saat ingin mengaktifkan dan mengedit Widget WordPress.com saat ini. Cara mengaktifkan dan mengedit Widget WordPress.com sekarang kembali ke cara semula, yaitu “click and drag” yang hanya bisa dilakukan dari komputer, tidak bisa dari ponsel.

Kalau diperhatikan, Widget yang tersedia di WordPress.com dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu Widget yang dapat diaktifkan hanya satu kali saja dan Widget yang dapat diaktifkan lebih dari satu kali (sebanyak yang diinginkan).

Widget yang dapat diaktifkan hanya satu kali (memang sebaiknya cukup satu di sidebar), yaitu :

  1. Tulisan Terakhir : recent-posts
  2. Tulisan Teratas : top-posts
  3. Klik Tertinggi : top-clicks
  4. Komentar Terakhir : recent-comments
  5. Statistik Blog : blog-stats
  6. Akismet : akismet
  7. Awan Tag : wp_tag_cloud
  8. Kategori Awan : tag_cloud
  9. Pengarang : authors
  10. Flickr : flickr
  11. del.icio.us : delicious
  12. Meebo : meebo
  13. Vodpod Videos : vodpod
  14. Platial Mapkit : mapkit
  15. Boxnet File Sharing : boxnet
  16. Arsip : archives-2
  17. Cari : search-2
  18. Halaman : pages-2
  19. Kalendar : calendar-2
  20. Meta : meta-2
  21. Taut : links-2
  22. Twitter : twitter-2

Widget yang dapat diaktifkan lebih dari satu kali (sesuai keinginan dan kebutuhan), yaitu :

  1. Kategori : categories
  2. Teks : text
  3. RSS : rss

Widget Kategori, walaupun dapat diaktifkan lebih dari satu kali, saya hanya menggunakannya satu saja di sidebar. Widget Teks merupakan yang paling banyak saya gunakan karena multi fungsi, bisa teks biasa dan juga HTML.

Untuk mengaktifkan dan mengedit widget menggunakan ponsel, dari Opera Mini saya login ke Dasbor WP.com (intinya adalah harus dalam status login di WP.com), dan saya ingin mengedit Widget Komentar Terakhir, maka saya langsung menuliskan url seperti ini, http://nama.wordpress.com/wp-admin/widgets.php?editwidget=recent-comments, maka akan tampil form Widget Komentar Terakhir, isi sesuai keinginan lalu “Simpan”. Begitu pula dengan widget yang lainnya seperti Widget Arsip, saya langsung menuliskan url http://nama.wordpress.com/wp-admin/widgets.php?editwidget=archives-2, maka akan tampil form Widget Arsip, isi sesuai keinginan, lalu “Simpan”.

Untuk Widget Kategori, Teks, dan RSS, saya belum bisa mengedit widget yang sudah aktif di sidebar. Tapi untuk menambahkan widget baru masih bisa, misalnya Widget Teks dari url http://nama.wordpress.com/wp-admin/widgets.php?editwidget=text&addnew=1&num=2&base=text, maka akan tampil form Widget Teks, isi sesuai keinginan, lalu “Simpan”. Begitu pula dengan Widget Kategori dan RSS, dapat ditambahkan dengan cara seperti diatas.

Saat mengedit widget, ada pilihan tempat widget yaitu Inactive Widget dan Sidebar, juga pilihan urutan di posisi mana widget akan ditempatkan pada Sidebar. Bagi sahabat blogger yang ingin mencoba, tentunya menggunakan url blog masing-masing.

Alternatif lain:

Masuk ke webxcope.com dan pada kotak isian url saya tulis nahrawisagita.wordpress.com/wp-admin dan klik “use above setting” atau “use my setting” lalu login ke dasbor wp.com dengan username dan sandi saya, selanjutnya masuk dasbor (biasanya terbagi menjadi beberapa halaman, lihat angka-angka dibawahnya) dan utak-atik apa saja, biasanya untuk edit widget.

Atau buka pakai proxyspeeds.com

sumber info dari : http://nahrawisagita.wordpress.com/2009/05/22/tambah-dan-edit-widget-wordpress-com-menggunakan-ponsel/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s